Translate

Kamis, 20 Agustus 2020

DESAIN

CARA MEMBUAT LOGO SEDERHANA MENGGUNAKAN ADOBE ILUSTRATOR



1 CARA MEMBUAT LOGO SEDERHANA MENGGUNAKAN ADOBE ILUSTRATOR Muhammad Faisal Abstrak Logo Merupakan sebuah simbol atau inisial yang sering kita jumpai di media cetak, eletronik, dan dalam kehidupan sehari-hari. Logo adalah simbol khusus yang mewakili perusahaan atau organisasi, sebuah logo dapat berupa nama, lambang atau elemen grafis yang di tampilkan secara visual. Sebuah logo di ciptakan sebagai identitas agar terlihat unik dan mudah di ingat oleh masyarakat luas. Logo yang di ciptakanpun harus berbeda-beda oleh para kompetitor. Logo yang dibuat tentunya di harapkan bisa menarik minat masyarakat dalam promosi suatu produk. Kata Kunci: Desain Logo Menggunakan Adobe Ilustrator

2 Pendahuluan Dalam membuat desain logo harus memiliki nilai jual di kalangan masyarakat tentunya dalam persaingan industri. Desain yang dibuat pun harus seunik mungkin agar dapat membuat orang tertarik untuk menggunakan produk tersebut, orang yang membuat desain logo tentunya seseorang yang memiliki kreativitas yang sangat tinggi karena dia mampu membuat desain seunik mungkin da tidak membuat seseorang merasa bosan melihat. Ada beberapa software yang tepat untuk membuat desain logo salah satunya adalah adobe ilustrator. Adobe ilustrator merupakan software yang di desain untuk desain grafis, kebanyakan orang menggunakan software ini untuk membuat desain logo atau untuk membuat desain grafis lainnya, banyak sekali tool-tool yang mendukung di adobe ilustator dalam membuat desain logo. Berikut akan saya bahas tentang cara membuat desain logo menggunakan adobe ilustrator.

3 Pembahasan Pada pembahasan artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat desain logo full color. Step 1 Buat sebuah lingkaran menggunakan Ellipse tool (L). Tekan dan tahan tombol Shift untuk membuat lingkaran dalam bentuk yang proporsional.

4 Step 2 Aktifkan fitur Smart Guides (Ctrl+U), kemudian aktifkan Rotate tool (R) dan arahkan kursor pada titik kanan lingkaran, klik point tersebut saat tanda "anchor" muncul. Langkah tersebut digunakan untuk menentukan sumbu rotasi dari lingkaran. Step 3 Setelah sumbu ditentukan, tekan dan tahan tombol Alt dan Shift di keyboard lalu tarik lingkaran sedikit keatas. Tombol Alt berfungsi untuk menduplikat objek, sedangkan tombol Shift menahan duplikasi setiap 45.

5 Step 4 Setelah lingkaran dicopy pada angle 45, tekan tombol Ctrl+D di keyboard sebanyak enam kali untuk mengulang rotasi. Step 5 Seleksi semua lingkaran hasil duplikasi, kemudian pada Pathfinder palette pilih Divide. Fitur divide digunakan untuk memotong setiap bagian objek yang bersebrangan dengan objek lain.

6 Step 6 Seleksi potongan bagian-bagian seperti yang ditunjukkan gambar dibawah, kemudian tekan Delete di keyboard untuk menghapusnya. Step 7 Delete juga beberapa potongan dibagian luar.

7 Sekarang kita sudah memiliki simbol yang terpisah kedalam beberapa potongan seperti gambar dibawah. Step 8 Sekarang kita akan menentukan warna untuk simbol yang akan kita buat. Buat 4 buah persegi menggunakan Rectangle tool (M) dan beri warna gradasi untuk tiap-tiap persegi seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

8 Step 9 Kita akan mulai mewarna simbol dengan warna yang telah kita buat, kamu tinggal klik pada potongan yang ingin diwarnai kemudian aktifkan Eyedropper tool (I) dan klik pada rectangle dengan warna yang ingin dipilih. Metode pewarnaannya sederhana, yaitu pengulangan. Bisa dilihat pada gambar dibawah.

9 Step 10 Aktifkan Gradient tool (G) lalu atur arah gradasi dari tiap-tiap potongan. Bagian paling luar berwarna terang sedangkan bagian yang mengarah ke sumbu berwarna gelap, lihat gambar dibawah. Hasil Akhir Beginilah hasil akhir simbol yang colorful yang telah kita buat. Simbol ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, dari mulai elemen grafis sampai kepada logo.

10 Hasil akhir Penutup Demikian yang dapat saya sampaikan dalam artikel tulisan ini tentunya masih banyak kekurangan dalam tulisan ini, karena keterbatasan dan pengetahuan dan kekurangan referensi yang ada hubungannya dengan artikel ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman bisa memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya artikel ini dan penulisan artikel di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga artikel ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar